INDONESIAN METALCORE COMPILATION #2

Leave Your Coment

Jumat, 25 November 2011

TENTANG METALCORE VERSI IDMC

Share on :


Sebelumnya mohon untuk tidak membaca tentang metalcore di wikipedia terjemahan/bahasa Indonesia Dikarenakan kurang update/tidak lengkap dan masih banyak mispersepsi.

Metalcore adalah suatu istilah pendeskripsian jenis musik gabungan dari Hardcore Punk dengan Extreme Metal. Genre ini muncul belakangan pada era 2000'an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya sejak era 90'an.

Menurut sejarah, awal bangetnya sih dimulai dari masa awal 80an ketika hardcore punk juga dipengaruhi heavy & thrash metal, begitupun sebaliknya saling mempengaruhi. era ini berkelanjutan ke era Crossover thrash (1984–1988), Metallic hardcore (1989–2000) lalu Melodic metalcore (1995–present).

Musik 'metalcore' memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, terkadang full scream, namun saat ini ada juga yang equalizer yang biasanya ada dalam reffrain lagu. Biasanya, metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit death metal namun band-band metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit.
Awalnya riff/chord metallic HC banyak mengambil riff-riff Slayer, Metallica, Kreator, juga band-band Death Metal seperti Bolt Thrower, Death, Dismember, Entombed serta pengaruh dari black metal seperti Marduk ataupun Naglfar.

Mulai akhir 90an pengaruh dari band-band Swedish metal atau sound Skandinavia (dominasi unsur Melodic Death Metal) cukup signifikan mempengaruhi eksplorasi sound maupun chord metalcore akhir 90an, dimana musik melodic death metal khas swedia sedang hype dan banyak band memainkannya/mengambil unsurnya. coba cek Heaven shall Burn (terasa pengaruh kental dari Bolt Thrower), nama bandpun diambil dari judul lagu Marduk, nuansa gelap-pun diambil dari band-band black metal. coba cek Shai Hulud, unsur Metallica, Death, dipadu dengan Bad Religion & NOFX maupun Voivod juga banyak mempengaruhinya. Killswitch Engage album awalnya juga terpengaruh oleh In Flames.

Band-band era 2000an dan sudah banyak menjadi industri (pasar) dengan genre yang sekarang familiar disebut sebagai metalcore antara lain dimulai dari kesuksesan Avenged Sevenfold (dulu awalnya cukup 'newskool hardcore' dgn gaya punk & heavy metal serta suara screech/scream mixed with clean voice, skrg sudah sgt glam modern hardrock style) dan jauh dari metallic HC atau metalcore..
coba dengarkan/cari rilisan A7X demo e.p & kompilasi GOODLIFE 4 & album full pertamanya "Sounding The 7th trumpet", coba cek juga The Great Deceiver (Swedia) yang musiknya cukup beda dengan tipikal metalcore awal 2000, vokalisnya Tomas Lindberg (vokalis serba bisa dari At The Gates/Disfear/Skitsystem/Nightrage/The Crown/dsb), juga band2 USA yang cukup besar pengaruhnya seperti : Darkest Hour, Killswitch Engage, All That Remains, Haste The Day, Walls Of Jericho, Undying, juga band-band yg cukup digandrungi anak muda saat ini seperti : The Devil Wears Prada, Your Skull, Bullet for my Valentine, The Eyes Of A Traitor, I Killed The Prom Queen, dan sebagainya.

Setelah era 2000 keatas, setelah band-band lama maupun baru dilirik industri rekaman besar dan dengan sendirinya tren di kalangan anak muda menerima musik metalcore (walau tidak semua band2 lama ikut dalam lingkaran industri/pasar), akhirnya metalcore sedikit demi sedikit memisahkan roots-nya yg merupakan bagian yg tak terpisah dari hardcore punk. berbarengan dengan itu, band-band emo/post hardcore generasi ke-3 juga ikut populer yang lama kelamaan menjadi komoditas jika dikombinasikan dengan musik metal (metalcore mixed with emo, good looking factor and music industry). tema & lirik yang tadinya 'keras', politis dan pesan-pesan yang tegas mulai berubah ke arah personalitas, emosi/cinta dan lebih santai daripada band2 di awal kemunculan metallic hardcore 90an.

Tentang Musik Metalcore :
- Vokalnya lebih scream dan kalau suara rendahnya ga sampe level guttural. vokal "nyanyi" juga banyak dipake (melodius ato agak serak" southern rock), terus kadang patternya kayak orang speech atau baca puisi.
- Unsur hardcorenya cukup kental, kalau band-band pionir (terutama band2 US) musiknya lebih lambat dibanding band dibanding band-band setelah mereka (riff dan drumnya lebih agresif). 
Breakdown mendominasi dan masih ditemukan gitar dengan sound yang clean. seperti halnya deathcore, metalcore juga mengkombinasikan blast beat dan melodic riff.

Untuk lebih jelasnya agan bisa baca dulu di wikipedia
WIKIPEDIA : METALCORE

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...